Monday, April 22, 2013

Hal hal yang paling nggak enak kalau di Jakarta



Jakarta??? Pas denger nama itu hal yang ada di otak kita pasti “MACET”. Yeah, kata itu sudah sangat popular sekali . nggak pagi , nggak siang , nggak sore, nggak malam , isinya Cuma orang orang yang sedang menikmati kemacetan ibu kota. Berikut ini hanya sedikit sharing saja sih, hal hal yang nggak mengenakkan saat berada di ibu kota;
1.    Angkutan umum yang selalu penuh.
Iya bener banget, mungkin kalau di daerah lain angkutan umumnya masih wajar , penuh nya ya penuh wajar gitu , kadang para penumpang malah nggak mau naek kalau angkutannya penuh banget. Tapi kalau di Jakarta, kadang penumpang malah maksa banget buat naek , walaupun Cuma di pinggir pintu , yang penting kaki mereka bisa sampai di angkot lah . bahkan transjakarta aja juga begitu, sampai kadang yang jaga pintu transjakarta sudah bilang nggak muat, eee…penumpangnya masih maksa buat masuk, sampai sampai transjakarta sudah seperti kandang cicak , pada mepet mepet di kaca. J.
Belum lagi kalau antar penumpang saling dorong dorongan , saling berebut , kadang ada yang ngomel ngomel , ya memang sama sama kesel nunggu lama di tambah macet pula, siapa juga yang nggak emosi. Selama di sini ada nya kalau di jalan Cuma uring uringan nggak jelas, yaah begitulah kehidupan di sini , rasanya seperti di kejar kejar.  *kaboooor
2.    Harga Kosan Yang Nggak murah.
Di sini mana ada yang murah . orang pipis aja bayar kok, padahal ada tulisan nya GRATIS. Pernah liat di stasiun, tulisan nya sih “TOILET GRATIS” tapi kok ada yang jaga gitu ya. Berhubung sebelum nya aku tinggal di jogja yang kos kosan nya hanya 150 lah sebulan , udah sama listrik, kamarnya juga lumayan luas lah di banding yang aku tempatin sekarang. Jadi menurut aku sih , nggak ada pilihan yang pas buat tinggal di sini, mau nyari kosan deket tempat kerja kok mahal banget , kalo nyari yang kayak sekarang kok ya tua di jalan , tau sendiri kan macetnya kayak apa , biasanya kalo Jakarta lagi agak sepi , jarak dari kos ke tempat kerja saja hanya 15 menit lah , tapi kalau hari biasa bisa sampai satu jam perjalanan. Bayangin aja berapa banyak waktu yang terbuang di jalan, *sok sok an menghargai waktu banget ya J .
3.    Langganan Banjir.
Ini merupakan bonus bagi orang orang yang tinggal di Jakarta, terutama yang deket sungai sungai yang mudah meluap, soalnya kalau udah hujan , daerah sini suka lebay , Cuma hujan rintik beberapa jam begitu saja , baunya nggak enak banget , beda sama hujan di kampong , kalau hujan di kampong , baunya khas banget , bau bau tanah dan agak seger seger gitu . kalao di sini mah enggak , kalo hujan malah demek banget tanahnya. Bau sampah di mana mana. Becek nya juga kotor banget , tanah yang kena hujan pun nggak bisa meresap. Cuma mengendap di situ. Kalau udah ujan, pokoknya baunya jadi nggak seger , walaupun tiap harinya di sini juga nggak sejuk . mau sejuk dari mana , pohon aja Cuma dikit , kadang malah di tebang, malah banyak bangunan gedung gedung tinggi. Mau sejuk dari mana ? kok ya pada betah ya di sini . hihihiiiii….
4.    MACET dan buang buang waktu.
Macet , macet, dan macet. Ya begitulah kesan utama Jakarta. Kecuali kalau pas lebaran , katanya sih kalau lebaran Jakarta sepi . nggak tau juga sih , belum survey sendiri J. Liatnya sih pas daily activity, jadi macet nya terasa banget. Apa lagi kalau macet nya di tambah ujan rintik rintik , bakalan ngerasain sensasi yang beda itu . sensasi macet nya bisa tambah unyu unyu. Bayangin aja nggak ujan aja macetnya nauzubillah, apa lagi di tambah hujan ma banjir . Astagaaa, nggak usah di bayangin deh , dari pada nggak kuat.
Selain macet, di sini juga buang buang waktu pakai banget , kecuali bagi mereka yang punya kendaraan sendiri. Cuma muter yang kalo di pikir pikir Cuma 15 menit lah ya , itu bisa memakan waktu sampai satu sampai dua jam . nggak percaya ??? coba aja kalau mau tau rasanya tua di jalan . dua jam di jalan kena macet di sini itu buang buang waktu banget. Gimana enggak , 2 jam kalo di kos kan udah bisa di pakai buat nyuci , buat masak mie, buat buat OL juga bisa. Pasti bakalan bête kalo macet sampai 2 jam gitu , apa lagi naek angkot umum, panas, macet. Aduuuh…..nggak bisa bayangin deh . rasanya udah mandi keringat di kopaja. J.

Jadi kira kira negitu gambaran kalau tinggal di Jakarta. Masih banyak lagi hal hal yang bikin DUA KALI berfikir buat hidup di sini . kecuali kalau memang mentalnya baja , nah….itu mungkin cocok buat tnggal di sini. Salut bagi mereka yang bermental baja yang bisa bertahan dan sukses buat perang di sini . *tepuktangan. ^^-

          *************************************---------------**************************************

No comments:

Post a Comment