Monday, May 5, 2014

Bahaya rokok #part1



Kadang aneh sama perokok, udah tau di bungkus nya udah di tulisin, “merokok menyebabkan kematian, gangguan kehamilan dan janin”.  Kira kira begitu seingatku. Heran sama perokok yang masih ABG. Mereka terlalu berani. Gimana ya. Masih muda udah mau bunuh diri, bunuh diri gimana maksudnya? Bunuh diri di sini maksudany, bukan kah sayang sekali, uang sakunya yang harusnya buat jajan, malah buat beli rokok, nggak terlalu ngerti harga rokok sih, setauku per biji, 1000 an gitu ya. Soalnya aku ada adik yang masih Alay gitu, dia udah kecanduan rokok, kadang suka minta duit 1000 nggak tau buat apa, kayaknya buat rokok deh. Soalnya sampai rumah lagi udah bau rokok, dan ada abu sisa rokok di bawah meja. Hadeh...heran deh, mau di kasih tau kayak gimana. Udah banyak orang ngasih tau kalau rokok itu bahaya, tapi kayaknnya sia sia, Cuma lewat telingan aja dan keluar lagi lewat telinga satunya. Nggak ngerti caranya agar bisa berhenti kecanduan rokok. Padahal ya kalau di pikir pikir, 1000 buat beli rokok,  kan kalau sebulan bisa 30 ribu, itu bisa buat beli apa kek, coklat misalnya. Ya kalau ngerokoknya sehari Cuma satu, kalau tiga biji, 3x1000, dikali sebulan, nah...berapa tuh itung sendiri deh. Tapi ya gimana lagi, namanya juga kecanduan. Nggak tau deh. Tapi pastinya juga ada dampak negatif juga lho. Eh...tapi apa ada dampak positif dari merokok??? Ada ngggak kira kira?? Apa rokok bisa menyehatkan ? kayaknya akau belom pernah denger kalau ada orang ngerokok tapi hidupnya sehat. Seumur umur belum pernah deh. Lagian juga, banyak kan di rumah sakit, gambar akibat merokok, gimana bentuknya, kayak gitu kok nggak buat para perokok sadar sih. Heran deh. Lagian, banyak hal hal negatif yang bisa mempengaruhi perkembangan fisik dalam merokok, di antara nya adalah,
·         Muka terlihat lebih tua dari umur. Nah lho, mau tuh kayak gitu, umur masih belasan tahun udah di panggil “pak” kalau misalnya sedang di tempat umum. Diiih....nggak mau apa.
·         Kulit terlihat tidah segar. Nah..apa kalian para perokok nggak ngerasa gimana gitu dengan kulit yang masih mudah tapi udah seperti kulit kakek kakek, yang kering dan kusam.
·         Membahayakan perokok pasif. Apa kalian nggak sayang sama orang orang di sekitar kalian. Yang terkena asap rokok. Tapi ya namanya perokok aktif memang nggak peernah peduli sama sekitar, sama diri sendiri aja nggak sayang, apa lagi sama orang sekitar. Bener bener keterlaluan.
·         Melakukan sesuatu yang nggak sadar. Nah..ini yang bahaya. Kadang perokok kalau udah kecanduan kayak gitu. Bayangin aja, jika seharian dia ggak ngerokok, lebih lebih kalau nggak ada duit buat ngerokok. Kemudian minta uang buat beli rokok nggak di kasih. Coba bayangin mereka bakalan ngapain? Pasti lah ngelakuin hal supaya mereka bisa menghisap rokok, ngamuk ngamuk dan bahkan sampai nyuri uang. Naaah....bayangin aja. Gara gara rokok bisa berujung kriminal gitu kan. Apa nggak malu tuh kayak gitu. Selain itu juga bersikap kasar pada orang lain. Marah marah, sensi banget jadinya. Menyebalkan sekali kalau udah ngomong sama orang yang kecanduan rokok. Bukan nya ngejudge atau gimana gimana. Tapi ya, setau aku sih gitu, soalnya aku punya adik yang udah tergolong perokok berat kayaknya, seharian nggak ngerokok aja udah bingung. Nggak di kasih duit ma ibuk, ngamuk ngamuk dianya. Hih...males banget aku sama orang yang nggak bisa ngomong baek baek ma orang tua. Karena apa, yaaa...mungkin karena dampak buruk rokok itu tadi, belum bisa nyari duit sendiri aja udah belagu sok sok an ngerokok. Kalau lagi nggak ada duit baru tau rasa tu. Punya duit berapapun abis mulu buat beli rokok. Memanglah, rokok memang efeknya buruk. Buat kalian para generasi muda dan calon bapak, mendingan jauhi deh, apa itu yang namanya “ROKOK”. Nggak baek buat kesehatan, kasian nanti kalau udah berkeluarga, suit yang harusnya buat nyukupin kebutuhan keluarga, malah di bakar, atau buat ngerokok. Nggak ada untungnya Guys, mending maen PS dari pada ngerokok. Setujuuuuuu. Jauhi rokok, sayangin keluarga.

















No comments:

Post a Comment